Kamis, 12 April 2018

Membuat Vlog Pertama - Tour de Temples

Mungkin aku ketinggalan banget ya, sudah era vlogger tapi baru mau belajar. Ya gapapalah kan tidak ada kata terlambat untuk terus belajar mengasah diri. Nah, untuk menulis ini pun aku harus pede tingkat tinggi. Mungkin hasilnya masih ga jelas, maklum lah ya. Tapi kalau kamu mau belajar bikin video di youtube emang harus percaya diri apalagi jika sudah emak-emak seperti aku ini. Masalah jelek atau bagus itu relatif dan akan berjalan yang penting konsisten (sambil mencubit diri sendiri).

Teman pejalan kita belajar bareng, yuk! Tutorial dari aku ini sederhana banget soalnya hasil praktek otodidak. Kamu juga boleh share lho untuk menambahin atau berbagi tips di komentar ya.

Oh iya, aku pakai laptop ya bikin video youtube-nya agar enak dalam mengedit sih. Next time coba pakai smartphone dech.

Nah, aku menggunakan movie maker. Kenapa? Karena ini aplikasi sudah familiar banget buat aku sejak zaman awal-awal punya laptop tahun 2008 lalu. Jadi, istilahnya lupa-lupa ingatlah dan belajarnya ga dari nol banget. Soalnya dulu pernah mimpi bikin dokumenter tapi belum sempat-sempat sampai sekarang. Niatnya belum ada :D

1. Menyiapkan foto atau video yang akan dibuat video dalam satu folder termasuk lagu/musik sebagai latar (jika ingin pakai). Agar gampang mencari saat mengunggah. Kalau aku baru foto, belum bikin video.

2. Membuka movie maker. Kalau belum mempunyai download dulu, free kok.

3. Untuk menambahkan foto/video klik menu add videos and photos.



4. Kalau sudah muncul, aku menambahkan slide judul dan penutup dengan meng-klik tittle. Kalau ingin menambahkan caption klik gambar lalu klik caption dan tambahkan tulisan.


5. Gambar di sebelah kanan juga bisa kita urutkan mana yang akan ditampilkan pertama, tinggal diseret aja pakai kursor. Dan, untuk lebih menarik tambahkan background lagu dengan klik add music. Tambahan lagu ini bisa didapat gratis dari arsip movie maker atau dari file pribadi kita.


Sudah selesai gampang, kan? Klik dulu tombol play untuk preview, edit lagi jika ada yang ingin diedit. Karena video yang aku buat berupa foto jadi lebih mirip slide show ya hihi... Jangan lupa disimpan, kalau masih mau diedit lagi klik file -> save project, formatnya movie maker. Kalau sudah mantap klik save movie, lalu pilih mau disimpan sebagai apa, karena aku mau di upload ke youtube jadi aku pilih Youtube.


Tarara... siap di upload ke akun youtube. Cara mengupload pun sangat gampang. Masuk dengan aku kamu, lalu cari tanda upload dan pilih file yang disimpan tadi. Tambahkan judul dan deskripsi yang menarik ya.

Ini hasil trial aku, tonton dan koment ya :)








2 komentar:

  1. Wah, ini postingannya langsung saya bintangin dan dibookmarked di netbook saya lho. Saya newbe nih urusan vlog. Mau nekunin serius tahun ini. Trus kalau ngedit pakai hp, lumayan euy kuotanya. Mana tangan panas juga kalau pegang hp lama sambil ngedit. TFS ya...

    BalasHapus
  2. Sama2... aku jg msh bljr kok. Pk movie maker ini simple bgt kok dan gampang dipraktekin. Klo sdh jd vlognya colek aku yah... ^^

    BalasHapus

Kain “Jarik”, Gendongan Andalan Saat Walking

Sudah nyoba gendongan dari model kangguru, oshin, ini itu yg moderen pake ceklap ceklip pokoke wuakeh, tetep aja nggak ada yg bisa ng...